Sri Lindawati, Guru SMA Berprestasi Kabupaten Pelalawan 2015 (Sharing Experience)

Juara 1 Gupres SMA Kab. Pelalawan 2015

Juara 1 Gupres SMA Kab. Pelalawan 2015

Kegiatan Pemilihan Guru Berprestasi di Kabupaten Pelalawan tahun 2015 telah ditaja oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan pada tanggal 11 s.d. 13 Mei 2015 di Hotel Grand Pangkalan Kerinci. Pada perlombaan kali ini saya mendapat surprise luar biasa. Syukur Alhamdulillah saya yang baru pertama kali  mengikuti lomba ini meraih Juara I Guru SMA Berprestasi Tingkat Kabupaten Pelalawan dan sekaligus meraih Juara Umum untuk Pemilihan guru Berprestasi Tahun 2015 yang berhak mendapatkan hadiah Umroh dan mewakili Kabupaten Pelalawan di ajang yang sama di tingkat Provinsi Riau. Barakallah, terima kasih ya Allah semoga raihan prestasi dan bonus ini membawa berkah ;bagiku, keluargaku, peserta didikku dan dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Pelalawan.

Mengikuti ajang pemilihan guru berprestasi bagi saya adalah untuk melatih diri dan memperluas wawasan pengetahuan serta untuk mendapatkan gambaran dalam mengukur apa yang telah kita lakukan sebagai pengajar sekaligus pendidik. Apakah sudah cukup banyak yang kita lakukan atau kita merasa belum cukup dan harus meningkatkannya lagi di masa mendatang? Rasa ini harus saya miliki agar dapat memacu diri saya sebagai guru untuk lebih meningkatkan profesionalitas dan kinerja. Artinya bagi saya mengikuti kegiatan ini juga untuk tetap menjaga semangat untuk terus aktif dalam berkreatifitas sebagai guru. Menjadi guru berprestasi adalah suatu kebanggaan bagi seorang guru dan juga sebagai tolok ukur keberhasilan dari semua tugas yang telah diemban oleh guru.

20150513_080944

Para guru peserta Lomba Gupres berpose di depan Gedung Daerah

Motivasi untuk ikut perlombaan ini datang dari kepala sekolah, saya ingat sekali ketika tahun lalu beliau menyarankan saya untuk ikut kegiatan ini, saya belum bisa menyanggupinya karena kondisi saya yang saat itu sedang menanti kelahiran anak saya yang keempat, dengan nada sangat meyakinkan saya berjanji akan menerima saran bapak kepala sekolah pada tahun berikutnya. Kemudian saya menawarkan kepada rekan-rekan sejawat untuk mempersiapkan diri mengikuti lomba guru berprestasi tahun ini, mereka bukannya mau bersiap malah secara spontan rekan-rekan berkata “ibulah yang tahun ini paling pantas ikut lomba tersebut”.

Selanjutnya motivasi juga muncul saat saya bertanya kepada suami saya akan hal ini karena tanpa dukungan beliau tentulah hal ini sulit saya lakukan. Namun tanpa basa basi suami saya menyatakan dukungannya 100% untuk saya mengikuti lomba guru berprestasi ini. Apalagi anak-anak saya, merekapun sangat mendukung. Sungguh hal ini memberikan motivasi yang sangat besar bagi saya untuk maju dalam ajang ini tahun ini.

Selain itu yang mendasari keinginan saya untuk ikut ajang guru berprestasi adalah karena kegiatan ini juga menjadi tempat berkumpul sesama kolega yang notabene merupakan guru-guru terbaik di sekolahnya masing-masing. Bertukar pikiran, berbagi pengalaman akan menjadikan masukan yang sangat berarti. Oleh karena itu, pada kesempatan ini dengan keyakinan dan semangat saya untuk ikut seleksi Guru Berprestasi.

Motivasi awal sebenarnya telah ada beberapa tahun yang lalu tepatnya tahun 2007, seorang kepala sekolah sudah pernah menunjuk diri saya untuk ikut kegiatan ini, namun begitu sampai di sana, saya yang belum berpengalaman merasa belum pantas untuk ikut ajang tersebut karena belum begitu banyak yang saya perbuat sebagai seorang pendidik, sehingga saya merasa lebih baik saya mundur dan mempersiapkan diri untuk kembali ke ajang yang sama di suatu hari nanti. Namun, saya meyakini inilah motivasi awal yang membuat saya ingin menjadi seorang guru yang berprestasi. Sehingga saya memantapkan diri untuk maju di ajang Gupres pada tahun ini.

Jauh sebelum perlombaan ini dimulai saya telah mempersiapkan diri dengan mempelajari petunjuk teknis secara mendalam dan selanjutnya menyusun portofolio, membuat karya tulis ilmiah, karya tulis inovatif, karya tulis populer bahkan sampai yang dimuat di media massa, melakukan penelitian tindakan kelas, membuat presentasi, sampai mempersiapkan video pembelajaran dan lain sebagainya. Sehingga ketika perlombaan ini dilaksanakan, saya pribadi sudah merasa cukup percaya diri untuk berlomba. Segala peralatan yang dibutuhkan sudah cukup maksimal seperti laptop, pointer dan file presentasi sudah saya persiapkan secara rinci karena itupun termasuk dalam penilaian juri. Kemudian penampilan saat presentasi juga mendapat penilaian yang sangat baik, karena saya menampilkan presentasi yang menarik dan tidak membosankan, dan bahkan saya menggunakan bahasa Inggris untuk presentasi setidaknya pada saat pembukaan dan penutupan.

DSC_1122

Guru SMA Berprestasi Kab. Pelalawan 2015

Aspek penilaian dalam lomba Gupres ini mencakup tes tertulis, portofolio, presentasi ilmiah, video pembelajaran dan penilaian kinerja guru (PKG). masing-masing dengan bobot 20% untuk tes tertulis, 20% untuk portofolio, 40% presentasi ilmiah, 20% PKG dan video pembelajaran.

Alhamdulillah dengan persiapan yang matang saya berhasil meraih juara I tingkat Kabupaten Pelalawan dan meraih juara III tingkat Provinsi Riau. Walaupun, untuk gebrakan yang pertama ini saya belum berhasil ke tingkat Nasional, namun banyak pengalaman yang dapat saya petik dalam mengikuti perlombaan ini, saya masih harus belajar dan menambah prestasi untuk menghasilkan lebih banyak lagi peserta didik yang berprestasi. Saya akan kembali di ajang ini setelah saya merasa cukup matang untuk gebrakan yang kedua.

Juara 3 Gupres SMA Prov. Riau 2015

Juara 3 Gupres SMA Prov. Riau 2015

Para Juara Gupres SMA Prov. Riau 2015

Para Juara Gupres SMA Prov. Riau 2015

Anjangsana ke Redaksi Riau Pos

Anjangsana para Gupres ke Redaksi Riau Pos

Untuk teman-teman yang belum pernah mengikuti lomba saya sarankan untuk mempersiapkan dulu diri dengan sebaik-baiknya, diawali dengan melaksanakan dengan tugas secara penuh tanggung jawab, persiapan yang matang dan ikutilah ajang kegiatan yang setiap tahun digelar mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten dan nasional. Dengan persiapkan yang sangat baik yakinlah prestasi yang sangat baikpun dapat diukir. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

