Menjadi Guru yang Efektif

Di era globalisasi yang serba maju dengan perkembangan teknologi yang sedemikian pesatnya, guru masih sangat dibutuhkan.  Guru merupakan suatu profesi  yang senantiasa berhubungan dengan peserta didik  dan memegang peranan penting dan strategis sebagai pengajar, pendidik, dan pelatih para siswa.  Guru juga merupakan agen pembaharu (agent of change) dalam mengubah pola berpikir, sikap dan tingkah laku peserta didik sebagai manusia menuju kehidupan yang lebih baik, lebih bermartabat dan lebih mandiri, serta siap bersaing di era globalisasi. Untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang optimal dibutuhkan guru yang mampu bekerja secara efektif dan efisien.

Kepribadian seorang guru sangat mempengaruhi siswa. Pribadi yang baik ataupun yang buruk dari seorang guru tentunya dapat mewarnai sikap, pemikiran, dan tingkah laku siswa, baik di dalam proses belajar mengajar maupun di luar proses pembelajaran. Anda seorang guru? tentunya anda tidak ingin hal-hal yang buruk mempengaruhi anak didik anda kan? Nah… Sukadi ( 2006) dalam bukunya “Guru Powerfull Guru Masa Depan” mengungkapkan 20 ciri-ciri guru efektif sebagai berikut:

1. Memiliki stabilitas emosi

Emosi guru sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Guru yang emosional akan melahirkan suasana pembelajaran yang tidak efektif. Guru boleh tertawa, marah, sedih dan gembira atau sejenisnya, namun dalam mengekspresikannya haruslah memperhatikan prinsip stabilitas. Sehingga ungkapan rasa emosi seperlunya, sewajarnya dan seharusnya.

2. Percaya diri (optimis)

Suasana kelas akan terasa menyenangkan, menggembirakan, dan kondusif untuk belajar bila gurunya optimis. Untuk menumbuhkan sikap ini seorang guru harus memiliki kebugaran tubuh, menguasai materi pembelajaran dan memiliki kemampuan didaktik selain itu ia harus berpandangan positif terhadap diri dan siswanya.

3. Memiliki kesabaran

Siswa memiliki tingkah laku yang beraneka ragam, misalnya ada siswa yang menyenangkan, menyebalkan, tingkah laku yang aneh dan sebagainya, sehingga untuk menghadapinya seorang guru harus memiliki tingkat kesabaran yang tinggi. untuk menumbuhkan sikap ini, seorang guru dituntut memiliki wawasan yang luas serta memahami kelebihan dan kekurangan siswanya.

4. Sederhana

Manusia pada dasarnya menyenangi kesederhanaan, demikian pula halnya siswa. Guru yang sederhana akan menggunakan bahasa yang dapat dimengerti, membuat contoh yang dapat dijangkau oleh pemikiran dan perhatian siswa dan disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswanya.

5. Tahu batas

Seorang guru yang baik adalah yang mengerti perasaan dan kebutuhan siswanya, mampu menjadi teman, orangtua serta tempat berbagi masalah. Namun guru jangan sampai lupa dengan kedekatan dan keakraban terhadap  siswa harus tetap mempunyai jarak.

6. Adil

Guru yang memperlakukan siswanya dengan adil sangat disenangi, dihormati, dan dipercaya. Mereka adalah guru efektif.

7. Realistis

Guru yang efektif mengajar secara realistis. Ia sangat memperhatikan keadaan dan tingkat kemampuan siswanya. Ia tidak mengajarkan pelajaran yang terlalu tinggi atau rumit. Ia dapat menyederhanakan hal-hal yang kompleks dan mampu memberikan contoh yang konkret dalam pembelajaran.

8. Humoris

Untuk menciptakan suasana belajar yang menggairahkan dan menyenangkan, seorang guru harus memiliki jiwa dan selera humor (humoris), namun humor yang dimaksud adalah humor yag edukatif, segar, etis dan terkendali, bukan sembarang humor.

9. Berpenampilan tenang

Penampilan yang tenang menggambarkan kemantapan pribadi seseorang. Guru yang berpenampilan tenang, tampak dalam perilaku mengajarnya. Ia tidak mudah terpengaruh oleh isu, gangguan dan situasi yang tidak menyenangkan, sehingga dapat mengendalikan kelas dengan baik.

10. Antusias (bersemangat)

Guru yang mengajar dengan antusias akan mendorong motivasi belajar siswa, sebaliknya guru yang mengajar tanpa antusias (loyo dan lesu) tidak dapat mendorong motivasi belajar siswa.

11. Menghargai peserta didik

Guru yang baik selalu memberikan penghargaan atas setiap prestasi, kebaikan atau usaha yang dilakukan oleh siswanya sekecil apapun itu. Pengajaran akan efektif karena siswa merasa dihargai dan dihormati sehingga dapat memotivasinya untuk mau terlibat dalam proses pembelajaran

12. Selalu mawas diri

Guru juga manusia, yang tak luput dai kekurangan dan kesalahan. Oleh karenanya, guru yang efektif selalu berupaya mawas diri, serta mengoreksi kekurangan-kekurangannya, baik sebagai pribadi maupun dalam menjalankan tugasnya.

13. Berpikir positif

Guru yang berpikir positif mempunyai keyakinan bahwa setiap siswa memiliki potensi yang bisa dikembangkan secara optimal. Oleh karenanya, ia akan sabar dalam membimbing siswa bagaimanapun keadaannya. Ia tidak cepat menyerah dan mengambil kesimpulan yang buruk.

14. Disiplin

Guru yang disiplin selalu melakukan persiapan sebelum proses pembelajaran, melakukan pembelajaran sesuai dengan perencanaan yang dibuat, dan juga melakukan upaya tindak lanjut.

15. Bertanggung jawab

Guru adalah pemimpin bagi para siswanya, ia harus mempertanggungjawabkan  pelaksanaan tugasnya kepada siswa, orangtua siswa, kepala sekolah, dan pemerintah. Guru efektif bertanggungjawb atas kemajuan para siswanya, bukan guru yang membiarkan siswanya tidak belajar.

16. Berwibawa

Sebagai pendidik, pengajar dan pelatih, bagi seorang guru kewibawaan merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki. Siswa tidak akan mentaati perintah gurunya, jika ia tidak mempunyai kewibawaan.

17. Perhatian guru terhadap siswa

Apa yang perlu diperhatikan dari siswa? Kepentingannya, perasaannya, keinginannya, masalahnya, prestasinya dan penampilannya. Artinya seluruh totalitas siswa membutuhkan perhatian dari guru.

18. Selalu belajar

Dari seorang guru yang gemar dan terus belajar sepanjang hayatnya, siswa akan memperoleh banyak ilmu, pengetahuan dan pengalaman yang sangat berarti dan bermanfaat di masa mendatang.

19. Membangun citra diri yang baik

Salah satu ciri kepribadian guru yang efektif adalah pandai membangun citra diri siswanya agar sehat, karena citra diri yang sehat merupakan modal pendorong motivasi belajar siswa.

20. Berpenampilan menarik

Guru efektif memiliki penampilan lahiriah yang prima, yang ditopang dengan penampilan bathiniah seperti ramah, percaya diri, penyayang, lembut hati, perhatian, bertanggung jawab, cerdas, inisiatif, pro-aktif, toleransi, bersahabat dan sifat-sifat mulia lainnya.

Demikian ciri-ciri guru yang efektif, semoga tulisan ini dapat membuka wawasan bagi kita para guru untuk dapat memiliki kepribadian yang efektif pula, sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi peserta didik sehingga mereka menjadi pemimpin-pemimpin yang efektif pula di masa depan.

Leave a comment

Filed under Dunia Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s