INOVASI PENDIDIKAN

Menyinggung kata Inovasi memiliki arti suatu yang baru yang dihasilkan berupa hasil dari discovery dan invention yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu untuk memecahkan suatu masalah tertentu (Sa’ud, 2008).  Rogers (1983) mengupas dengan sangat mendetail tentang difusi inovasi. Ia mengemukakan ada empat elemen pokok difusi inovasi yaitu: a) inovasi, b) komunikasi dengan saluran tertentu, c) waktu, d) warga masyarakat (anggota sistem sosial).

Bagaimana suatu inovasi terlahir dan bagaimana pula inovasi itu didifusikan, proses komersialisasi. Penulis menganggap perkuliahan ini demikian luas cakupannya melebihi bidang pendidikan, sehingga agak sedikit sulit memahami perkuliahan ini. Namun setidaknya banyak wawasan yang penulis temui, serta menyadari bahwa sebagai seorang guru penulis merupakan agen pembaharu (The Change Agent) dan misi ini harus dapat penulis jalankan sebaik-baiknya.

Dibimbing oleh Bapak Dr. Jarnawi Afghani, kami ditugaskan untuk menelaah suatu inovasi yang dianut oleh individu atau instansi dalam dunia pendidikan. Penulis mengangkat tema Implementasi Sekolah Alam sebagai Suatu Sekolah yang Inova

3 Comments

Filed under Pendidikan Matematika Pascasarjana

3 responses to “INOVASI PENDIDIKAN

  1. Pingback: Makalah IBD (Pendidikan Karakter di Era Jokowi) – pudgendut

  2. Pingback: REVOLUSI MENTAL DALAM DUNIA PENDIDIKAN, MEMBENTUK GENERASI EMAS | Sri Lindawati, S.Si., M.Pd.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s