ANALISIS KURIKULUM DAN PROBLEMATIKA KASUS PENGAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH

Menyimak apa yang disampaikan oleh Bapak Prof. Didi Suryadi bahwa seorang guru dalam melakukan pembelajaran di kelas perlu melakukan suatu penelitian didaktis untuk dapat mengkaji secara lebih mendalam hubungan didaktis (Guru-materi) dan hubungan pedagogis (Guru-siswa) serta hubungan Antisipasi Didaktis dan Pedagogis.
Ketika seorang guru merancang situasi didaktis (pembelajaran), guru perlu memikirkan prediksi respons siswa atas situasi yang telah dirancang serta bagaimana antisipasinya sehingga tercipta suatu situasi didaktis yang baru.
Tujuannya tidak hanya untuk meluaskan pengetahuan matematika atau mengoreksi pengetahuan matematika sehubungan dengan kurikulum matematika sekolah, tetapi juga untuk merefleksikan bagaimana pengetahuan matematika itu dihasilkan dan bagaimana dikembangkan dengan mempertimbangkan proses aktif ke arah suatu budaya matematika yang baru.
Itulah inti sari yang dapat penulis ambil dalam perkuliahan “Analisis Kurikulum dan Problematika Kasus Pengajaran Matematika di Sekolah”. Hal baru yang memberikan cakrawala baru bagi penulis sehingga penulis berusaha membuat suatu tulisan terkait dengan penelitian didaktis ini. Ingin tahu lebih lanjut? >>>Klik saja di sini….

1 Comment

Filed under Pendidikan Matematika Pascasarjana

One response to “ANALISIS KURIKULUM DAN PROBLEMATIKA KASUS PENGAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s