Jurnal Tesis: Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing

Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama

Sri Lindawati

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan komunikasi matematis yang signifikan antara siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan pendekatan inkuiri terbimbing dan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Selain itu diungkap pula interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kategori kemampuan siswa, aktivitas siswa dalam pembelajaran, serta sikap siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing.

Desain penelitian ini adalah kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pretes dan postes. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis, skala sikap siswa, lembar observasi, dan daftar wawancara. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama dengan level menengah (sedang). Populasi penelitian ini adalah siswa SMP dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VII salah satu SMP Negeri Bandung Propinsi Jawa Barat dengan responden penelitiannya adalah siswa kelas VII sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak kelas dari dua belas kelas yang ada. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap rataan gain ternormalisasi antara kedua kelompok sampel dengan menggunakan Uji ANOVA Dua Jalur. Analisis kualitatif dilakukan untuk menelaah aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran, sikap siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa ditinjau dari pembelajaran dan kategori kemampuan matematika siswa. Tidak terdapat interaksi antara faktor pembelajaran dengan faktor kategori kemampuan matematis siswa menyangkut peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa namun terdapat interaksi antara faktor pembelajaran dengan faktor kategori kemampuan matematis siswa menyangkut peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Analisis data angket memperlihatkan bahwa siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan inkuiri terbimbing sebagian besar bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan inkuiri terbimbing. Pembelajaran matematika dengan pendekatan inkuiri terbimbing secara signifikan lebih baik dalam meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing dapat menjadi alternatif model pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan di Sekolah Menengah Pertama.

Kata kunci: Pendekatan inkuiri terbimbing, kemampuan pemahaman matematis, kemampuan komunikasi matematis

2 Comments

Filed under Pendidikan Matematika Pascasarjana

2 responses to “Jurnal Tesis: Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing

  1. Ririy

    terima kasih telah mengispirasi saya untuk menulis skripsi

  2. dulu aq paling benci dengan matematika,,tetapi kinii aq malah jualan buku matematika,, karma!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s